Kerja Cerdas – tidak sedikit orang
menjadi stres dan tidak bersemangat dengan pekerjaan mereka. Hal ini
diakibatkan oleh banyaknya waktu yang terbuang dan target tidak tercapai. Penyebab
utamanya, bukan karena kurangnya waktu yang disediakan, atau karena keahlian
yang rendah untuk menyelesaikan masalah yang dikerjakan. Akan tetapi lebih
kepada kemampuan kita dalam mengorganisir pekerjaan sehingga bisa memanfaatkan
waktu secara eketif dan efisien. Inilah yang dimaksudkan dengan kerja cerdas.
Cara KerjaCerdas ini
cukup dengan membiasakan 4 langkah berikut:
Buat Daftar Kerja
Kebanyakan orang menjadi kacau dalam mengerjakan
pekerjaannya diakibatkan oleh tidak adanya daftar target yang mereka susun.
Pada akhirnya, pekerjaan dikerjakan begitu saja atau dengan cara serampangan.
Dengan bekerja seperti ini, kita tidak miliki prioritas, mana pekerjaan yang
harus dikerjakan lebih dulu, dan mana pekerjaan yang mana yang bisa dikerjakan
belakangan.
Oleh karena itu, cara terbaik untuk membuat pekerjaan kita
lebih terarah dan sistematis yaitu dengan membuat daftar kerja (daftar check list). Daftar kerja ini akan
membantu kita dalam menyelesaikan target
dan bisa kita buat sesuai kebutuhan. Daftar kerja ini bisa kita buat
untuk skala harian,mingguan,bulanan dan seterusnya.
Berpikir
Sebelum Bekerja
Memang, tidak perlu banyak berpikir untuk
menyelesaikan pekerjaan. Tetapi menjadi kebutuhan kita untuk memikirkannya
terlebih dahulu sebelum mengerjakannya. Kita membutuhkan strategi dan teknik
terbaik yang bisa kita gunakan untuk mengefisienkan waktu. Oleh karena itu, sebelum
melakukan pekerjaan, luangkanlah sedikit waktu untuk memikirkan dan menyusun
langkah-langkah taktis untuk menyelesaikan pekerjaan anda. Hal ini akan
mempermudah anda dari pada bekerja apa adanya.
Mengamati Lebih
Banyak, Belajar Lebih Banyak
Lingkungan tempat anda bekerja ibarat sebuah peta yang
harus anda kuasai. Ia menjadi petunjuk bagi anda untuk mencapai tujuan. Oleh
karena itu, anda perlu mengamati lebih banyak kondisi lingkungan tempat anda
bekerja agar tidak tersesat. Pelajari dengan seksama,bagaimana cara anda
bekerja sehingga anda bisa dengan mudah mengerjakan pekerjaan tanpa harus
menghabiskan waktu dan tenaga yang terlalu banyak. Di sisi lain, lingkungan
anda juga menjadi sumber untuk anda belajar. Misalnya saja, anda mengalami
kendala dengan pekerjaan anda, maka jangan batasi diri anda untuk mencai tau
dengan orang yang lebih pengalaman. Mungkin saja anda harus bertanya dan
meminta masukan dari senior atau boss anda.
Hilangkan Rasa
Malas
Memang tidak bisa kita pungkiri, sebagai manusia kita
juga memnutuhkan waktu untuk bersenang-senang dan liburan. Tetapi yang menjadi
masalah adalah ketika kita menjadi pekerja yang selalu membuang-buang waktu
kerja untuk bermalas-malasan. Dalam hal ini, anda perlu membuat komitmen untuk
fokus bekerja di saat waktu kerja, dan bersantai di waktu yang memang
disediakan untuk bersantai. Jangan bermalas-malasan, sebab perilaku ini hanya
akan membuang waktu kerja anda. Memang tidak mudah,tapi kita harus terbiasa dan
berlatih untuk melawan rasa malas ini.
Demikianlah beberapa Motivasi Kerja Cerdas. Mudah-mudah bisa membantu masalah kita dalam
dunia kerja.
0 komentar:
Post a Comment