Motivasi Kerja Cerdas

Motivasi Kerja Cerdas

Kerja Cerdas – tidak sedikit orang menjadi stres dan tidak bersemangat dengan pekerjaan mereka. Hal ini diakibatkan oleh banyaknya waktu yang terbuang dan target tidak tercapai. Penyebab utamanya, bukan karena kurangnya waktu yang disediakan, atau karena keahlian yang rendah untuk menyelesaikan masalah yang dikerjakan. Akan tetapi lebih kepada kemampuan kita dalam mengorganisir pekerjaan sehingga bisa memanfaatkan waktu secara eketif dan efisien. Inilah yang dimaksudkan dengan kerja cerdas. 


Cara KerjaCerdas ini cukup dengan membiasakan 4 langkah berikut:


Buat Daftar Kerja

Kebanyakan orang menjadi kacau dalam mengerjakan pekerjaannya diakibatkan oleh tidak adanya daftar target yang mereka susun. Pada akhirnya, pekerjaan dikerjakan begitu saja atau dengan cara serampangan. Dengan bekerja seperti ini, kita tidak miliki prioritas, mana pekerjaan yang harus dikerjakan lebih dulu, dan mana pekerjaan yang mana yang bisa dikerjakan belakangan. 


Oleh karena itu, cara terbaik untuk membuat pekerjaan kita lebih terarah dan sistematis yaitu dengan membuat daftar kerja (daftar check list). Daftar kerja ini akan membantu kita dalam menyelesaikan target  dan bisa kita buat sesuai kebutuhan. Daftar kerja ini bisa kita buat untuk skala harian,mingguan,bulanan dan seterusnya.


Berpikir Sebelum Bekerja

Memang, tidak perlu banyak berpikir untuk menyelesaikan pekerjaan. Tetapi menjadi kebutuhan kita untuk memikirkannya terlebih dahulu sebelum mengerjakannya. Kita membutuhkan strategi dan teknik terbaik yang bisa kita gunakan untuk mengefisienkan waktu. Oleh karena itu, sebelum melakukan pekerjaan, luangkanlah sedikit waktu untuk memikirkan dan menyusun langkah-langkah taktis untuk menyelesaikan pekerjaan anda. Hal ini akan mempermudah anda dari pada bekerja apa adanya.


Mengamati Lebih Banyak, Belajar Lebih Banyak

Lingkungan tempat anda bekerja ibarat sebuah peta yang harus anda kuasai. Ia menjadi petunjuk bagi anda untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, anda perlu mengamati lebih banyak kondisi lingkungan tempat anda bekerja agar tidak tersesat. Pelajari dengan seksama,bagaimana cara anda bekerja sehingga anda bisa dengan mudah mengerjakan pekerjaan tanpa harus menghabiskan waktu dan tenaga yang terlalu banyak. Di sisi lain, lingkungan anda juga menjadi sumber untuk anda belajar. Misalnya saja, anda mengalami kendala dengan pekerjaan anda, maka jangan batasi diri anda untuk mencai tau dengan orang yang lebih pengalaman. Mungkin saja anda harus bertanya dan meminta masukan dari senior atau boss anda.


Hilangkan Rasa Malas

Memang tidak bisa kita pungkiri, sebagai manusia kita juga memnutuhkan waktu untuk bersenang-senang dan liburan. Tetapi yang menjadi masalah adalah ketika kita menjadi pekerja yang selalu membuang-buang waktu kerja untuk bermalas-malasan. Dalam hal ini, anda perlu membuat komitmen untuk fokus bekerja di saat waktu kerja, dan bersantai di waktu yang memang disediakan untuk bersantai. Jangan bermalas-malasan, sebab perilaku ini hanya akan membuang waktu kerja anda. Memang tidak mudah,tapi kita harus terbiasa dan berlatih untuk melawan rasa malas ini.


Demikianlah beberapa Motivasi Kerja Cerdas. Mudah-mudah bisa membantu masalah kita dalam dunia kerja.
Share on Google Plus

About Motivasi Hidup Hari Ini

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment