Motivasi Pagi Hari

Motivasi Pagi Hari

Semangat Pagi - Tahukan anda, frustasi atau stress bisa diakibatkan karena kesalahan kita memulai hari, dalam hal ini aktivitas di pagi hari. Frustasi diakibatkan oleh banyaknya masalah yang menumpuk di kepala. Seperti yang kita ketahui, masalah adalah ketidak sesuaian antara harapan dan kenyataan. Dan oleh karena kesalahan kita mengatur waktu kita di pagi hari, masalah bisa muncul hari itu juga. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa kondisi kita di pagi hari sangat menentukan pikiran kita selama 24 jam berikutnya.

Berdasarkan pendapat dari beberapa motivator, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sekaligus cara memulai aktivitas di pagi. Jika aktivitas ini bisa kita lakukan secara rutin, peluang besar membuat hari-hari lebih hidup akan mampu kita penuhi. Berikut ulasannya:



1. Bangunlah dengan Ikhlas
Bangun di pagi hari dengan perasaaan terpaksa akan berdampak besar pada kondisi mental kita. Perasaan menjadi tidak enak, muncul rasa malas, dan kita tidak akan bisa memanfaatkan waktu lebih efektif jika perasaan terpaksa masih ada di benak kita. Untuk menghindari perasaan terpaksa itu, kebiasaan atau pembiasaan dibutuhkan. Carilah cara yang bisa membuat anda bisa bangun lebih ikhlas, lebih ceria dan penuh kejutan. Jangan kaku dengan hanya mengandalkan suara alarm yang berisik. Mungkin bisa anda gunakan nada alarm  yang memberikan semangat. Atau mungkin juga anda bisa meminta orang lain seperti istri/suami, orang tua, atau teman anda sendiri untuk membangunkan dengan cara yang manis dan membuat anda bersemangat. Analoginya sederhana, anda akan lebih bersemangat jika diberikan pujian dari pada cacian. Oleh karena itu, gantilah cara lama anda bangun pagi, mulailah dengan keceiaan bukan rasa dongkol.

2. Tanya diri Sendiri
Setelah anda terbangun dan bangkit dari tempat tidur anda, cobalah untuk membuat satu pertanyaan tentang perasaan anda mengenai kehidupan. Jika perasaan anda cukup baik, misalnya perasan anda mengatakan kehidupan ini sangat berharga maka lanjutkan pekerjaan anda. Namun jika perasaan anda mengatakan hidup kurang begitu menggairahkan maka cobalah meminta teman anda untuk memberikan motivasi atau wejangan-wejangan agar perasaan anda kembali membaik.

3. Lihatlah Kutipan dan Buku Motivasi Anda
Memang ini adalah pekerjaan yang tekesan pekerjaan kecil namun memberikan efek besar untuk hari-hari anda. Buatlah sebuah daftar kutipan motivasi yang paling bisa menggairahkan anda. Desain sendiri sedemikian rupa sehingga anda mudah melihatnya dipagi hari. Contohnya saja, kutipan-kutipan tersebut anda bingkai dan pajang seperti lukisan di dinding kamar tidur anda. Dan di saat anda terbangun, anda akan memiliki pengingat dan memotivasi anda.

4. Lihatlah Daftar Impian Anda
Selain kutipan-kutipan motivasi, daftar lain yang perlu anda buat untuk menemani aktivitas anda di pagi hari yaitu daftar atau mungkin gambar impian dan harapan-harapan anda. Sama halnya dengan kutipan-kutipan tadi, pajanglah daftar impian-impian itu dalam kamar tidur anda. Di saat Bangun Pagi, usahakan untuk menatapnya barang 1 menit. Hal ini membuat anda termotivasi untuk menggapai impian tersebut.

5. Manjakan Diri Anda
Agar hari-hari berjalan dinamis, maka buatlah kejutan-kejutan untuk diri anda sendiri di pagi hari. Sesekali mulailah aktivitas pagi anda dengan kegiatan-kegiatan yang membuat anda nyaman dan bersemangat. Misalnya saja dengan membuat sarapan sendiri, mencai angin segar, menelpon orang yang anda sayangi, berolah raga, atau apa saja yang membuat anda ceria. Kegiatan kecil tersebut cukup ampuh untuk membangkitkan semangat di aktivitas-aktivitas anda berikutnya.

6. Lihatlah Target Harian Anda
Sebelum anda tidur di malam hari, buatlah daftar pekerjaan atau target yang harus anda kerjakan hari ini. Dan di saat anda bangun di pagi hari, bacalah kembali target-target itu. Dengan kegiatan ini, anda akan termotivasi untuk memfokuskan pekerjaan hari ini dengan daftar yang sudah anda buat itu. Adapun kegiatan-kegiatan lain yang di luar daftar adalah pekerjaan sekunder dan bukan prioritas untuk di selesaikan.

Demikian beberapa uraian yang saya sebut semacam tips Motivasi Pagi Hari. Selamat mencoba, selamat senang.
Share on Google Plus

About Motivasi Hidup Hari Ini

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment