Prinsip Hidup “Gila” ala Bob Sadino

Prinsip Hidup "Gila" ala Bob Sadino

Om Bob, demikian sapaan akrab pengusaha sukses ini. Melalui perjuangannya yang begitu gigih, ia sukses menjadi salah satu pengusaha ekspor dan impor, serta menjadi pemilik jaringan usaha Kemfood dan Kemchick yang saat ini berkembang pesat. Walaupun ia telah wafat, motivasi hidup pria yang selalu tampil percaya diri dengan celana pendeknya ini masih tetap membekas dan menjadi inspirasi tersendiri bagian sebagian besar pengusaha di Indonesia.

Mari untuk sejenak kita mengintip prinsip hidup yang dipegang oleh seorang Bob Sadino selama ia masih hidup di dunia ini. Berikut beberapa kutipan-kutipannya:

Perjalanan Menuju Sukses Tidak Perlu Punya Tujuan
Menurutnya, orang boleh saja memiliki tujuan dalam hidupnya, namun tidak musti ada. Sebab kadang kala tujuan dan target tersebut justru menjadi penghambat dan membelenggu aktivitas atau proses kita menuju sukses. Seseorang yang dibelenggu oleh tujuan yang dimaksudkan disini adalah mereka yang takut kehilangan tujuan sehingga mereka secara tidak langsung kehilangan hal-hal berharga lain di luar tujuannya .

“Dengan adanya tujuan, maka seseorang hanya tertuju pada satu titik yang namanya tujuan. Dia tidak akan berusaha untuk mendapatkan hasil yang melebihi titik tersebut. Padahal potensi setiap orang sangat mungkin melewati titik tersebut. Jadi sayang dong kemampuan saya, bila harus dipaku oleh tujuan”

Rencana adalah Bencana Maka Mengalir Saja
Prinsip kedua yang ditekankan oleh seorang Bob Sadino adalah prinsip untuk mengalir apa adanya, membaca peluang tanpa banyak rencana.

“Rencana itu cuma berlaku buat mereka yang belajar manejemen. Dari A, B, C, D, sampai Z. Padahal dalam bisnis tidak ada yang seperti itu, bisnis tidak mungkin lurus dan runut saja. Tapi sayangnya di sekolah kita sudah terlalu sering diajarkan bikin rencana. Padahal rencana itu racun, bencana”

Jangan Berleha-leha di Atas Kejayaan
Walaupun Bob Sadino terlahir di lingkungan orang berada, namun prinsip hidupnya untuk tidak berleha-leha menjadikannya jadi orang sukses dengan usahanya sendiri tanpa harus tergantung dengan kejayaan keluarganya. Bahkan, dirinya pernah menjadi kuli bangunan, sopir mobil sewaan dampai menjadi pedagang telur. Namun, itu semua dilakoninya sebelum ia dikenal sebagai orang sukses.

Carilah Kegagalan dan Kerugian
Memang pernyataan ini terdengar sangat gila sebab normalnya orang berusaha untuk mendapatkan untung, bukan rugi. Namun ada hal lain yang berharga dalam pernyataannya yaitu pengalaman. Berikut perkataannya:

“Orang sudah terlalu terbiasa berpikir secara linear. Kalau mau usaha, pasti mencari untung; mencari berhasil. Padahal dalam usaha itu ya pasti ada rugi dan gagal toh? Bagi kamu yang mau berhasil, justru cari kegagalan sebanyak-banyaknya. Sebab keberhasilan itu hanyalah sebuah titik di puncak gunung kegagalan”

Hiduplah di Jalanan
Bagi Om Bob, sekolah atau kuliah adalah sebuah kesia-siaan. Menurutnya, kuliah hanya mengajarkan kita untuk tahu, tapi jalananlah (praktek) yang mengajarkan kita untuk jadi perasa.

“Kalau mahasiswa IPK nya sudah 3 koma itu alamat jadi karyawan saja lah. Kalau mau jadi pengusaha, IPK jeblok saja. Karena dengan begitu, mau tak mau kamu akan ditolak perusahaan dan terpaksa membuka usaha sendiri”

Ciptakan Peluang dan Pasar Sendiri
Prinsip ini dipegang teguh oleh Om Bob dengan sebuah bukti yaitu usaha Kemfood dan Kemchick yang awal mulanya hanya melalui usaha perdagangan telur. Bahkan ia pernah dicibir oleh orang –orang karena usahanya itu. Namun dengan kecerdikannya melihat kebutuhan pasar saat itu, usahanya berkembang dan sukses seperti sekarang ini. Dimana permintaan konsumen dari luar negeri untuk usaha ini sangat besar saat itu.

Jadi Diri Sendiri
Menurut Om Bob, sesukses apapun orang-orang yang kita kagumi, kita tidak boleh meniru sepenuhnya apa yang dilakukan oleh orang-orang tersebut. Sebab kita memiliki potensi masing-masing.

“Mending mana? Saya pakai celana pendek tapi beli pakai uang sendiri atau celana panjang tapi pakai uang rakyat?”

Tetap Sederhana
Semua orang akan mengakui bahwa seorang Bob Sadino adalalah pengusaha sukses. Namun bagi dirinya sendiri, ia enggan menyebut dirinya sebagai pengusaha, ia lebih memilih menyebut dirinya sendiri sebagai pengangguran. Inilah salah satu prinsip hidup Om Bob, tetap sederhana dan tampil apa adanya.


“Saya hanya penganggur. Tapi saya bias ekspor ribuan ton ke Jepang. Saya punya kemchick sebagai supermarket, kemfood untuk daging dan saya punya 1.600 orang yang bekerja di perusahaan saya. Mau ngapain lagi saya? Jadi saya nganggur”.

Demikianlah ulasan singkat penuh makna Prinsip Hidup “Gila” ala Bob Sadino. Semoga bermanfaat untuk kita semua.
Share on Google Plus

About Motivasi Hidup Hari Ini

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment