Motivasi Bekerja Sesuai Bakat dan Minat

Motivasi Bekerja Sesuai Bakat dan Minat


BekerjaSesuai Bakat dan Minat – Banyak orang yang merasa stagnan dengan perjalanan karir atau pekerjaannya, semua terasa hambar, tidak ada motivasi lebih selain bekerja apa adanya. Hal ini diakibatkan oleh kesalahan mereka menentukan profesi yang tidak sesuai dengan kata hati, dalam hal ini bakat dan minatnya. Hal ini mengakibatkannya kurang termotivasi, ‘ogah-ogahan’, asal-asalan, dan bekerja untuk sekedar menggugurkan kewajiban dan mendapatkan gaji semata.

Oleh karena itu, sebelum kita menentukan profesi dan perjalanan karir kita, ada baiknya kita melihat beberapa pertimbangan akan Pentingnya Bekerja Sesuai dengan Bakat dan Minat ini. Berikut ulasannya:

Bekerja tanpa Merasa Sedang Bekerja
Dengan melakukan pekerjaan yang anda senangi, anda akan merasa enjoy atau fun sehingga waktu tidak akan terasa si saat anda bekerja. Anda akan merasa dengan senang hati melakukan pekerjaan anda, tanpa dikejar dengan tuntutan pekerjaan. Pekerjaan anda akan menjadi sekedar hobi atau kebutuhan, bukan lagi sebagai kewajiban yang membuat anda merasa was-was atau dihantui oleh tumpukan target.

Uang Bukan Tujuan Utama
Seperti pernyataan di atas, segala sesuatu yang kita kerjakan, termasuk karir (profesi). Apabila kita kerjakan sesuai dengan bakat dan minat kita, pekerjaan tersebut akan menjadi sekedar hobi. Sehingga, kita akan merasa senang dan uang bukan lagi prioritas utama. Nah, dari alasan ini, kecendeungan kita untuk menjadi stres sangat kecil. Lalu apa gunanya memiliki gaji tinggi jika selalu dihantui dengan perasaan terpaksa dan rasa stres akibat tekanan. Bukankah, kesehatan adalah hal utama, sedang perasaan stres sangat berpengaruh terhadap kesehatan itu sendiri.

Tidak Ada Masalah dengan Urusan Lembur
Dari aspek prosesnya, ada dua keuntungan sekaligus yang bisa anda peroleh apabila pekerjaan anda sesuai dengan bakat dan minat. Pertama, anda tidak akan merasa terbebani saat mengerjakannya. Kedua, jikaanda dikejar target, anda bisa menyelesaikannya cepat dan lebih sempurna. Bayangkan saja, jika anda adalah seorang administrator dan suatu waktu, anda diminta untuk menyelesaikan sebuah laporan. Jika anda memeng memiliki minat dan bakat di bidang tersebut, kerja lembur yang akan anda tempuh akan terasa lebih ringan dibandingkan orang yang tidak memiliki bakat dan minat di bidang tersebut.

Keinginan dan Motivasi Menggapai Tujuan Tidak akan Bisa Dihalangi
Oleh karena bidang profesi yang anda geluti sesuasi dengan bakat dan minat anda, maka ini akan menciptakan tujuan tersendiri bagi anda.  Tujuan tersebut akan menjadi motivasi tersendiri yang akan membangkitkan ketekunan anda untuk mencapainya. Tujuan tersebut akan mudah dicapai, sebab anda tidak memiliki beban saat mengerjakannya.

Kepuasan Ganda
Di saat anda melakukan pencapaian-pencapaian dalam pekerjaan anda, anda akan merasa memiliki kepuasan atas pekerjaan anda. Ada nilai kepuasan tersendiri yang melekat dalam setiap karya yang anda hasilkan dalam bisang pekerjaan anda. Dan kepuasan itu tidak akan membuat anda terlalu cepat berbangga diri. Justru kepuasan itu akan membuat anda menghasilkan tujuan baru dan kepuasan-kepuasan yang baru. Semua ini hanya bisa anda alami jika anda mampu memilih profesi yang sesuai dengan bakat dan minat anda.

Demikian beberapa Motivasi Bekerja Sesuai dengan Bakat danMinat. Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About Motivasi Hidup Hari Ini

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment